Loading...

Senin, 05 Desember 2011

METODE CLEANING TANKI Pekerjaan : Cleaning, Perbaikan dan Pengecatan Tanki 37-T-104, PT. PERTAMINA (PERSERO) RU-IV Cilacap


METODE CLEANING TANKI


Pekerjaan : Cleaning, Perbaikan dan Pengecatan Tanki 37-T-104, PT. PERTAMINA (PERSERO) RU-IV Cilacap


A.  PELAKSANAAN CLEANING SLUDGE TANKI

Sebelum pekerjaan cleaning dimulai akan dilakukan gas free dari bagian produksi, setelah dinyatakan aman oleh bagian produksi, segera dilakukan dengan pembuatan bak penampung sludge, posisi di depan Man hole di mana slude akan dikeluarkan dari dalam Tanki, dan di depan man hole juga dipasang terpal untuk menahan panas. Bersamaan dengan pemasangan tenda kerja, dilakukan juga persiapan drum berikut dengan parlet pada posisi dekat penampungan sludge yang akan dimasukkan ke dalam drum tersebut lengkap dengan plastik dan tutupnya. Setelah persiapan teknis, maka selanjutnya kami akan mulai dengan pekerjaan sebagai berikut:

1.    Tahap pertama adalah membuka Manhole & Man roof shell yang ada kaitannya dengan pekerjaan repair Sludge tanki.
2.    Setelah membuka Manhole kemudian menutup blind plate terhadap line pipa existing yang ada terkait dengan tanki tersebut.
3.    Pemasangan blower dengan tujuan agar udara dan sisa gas yang ada di dalam tanki terhisap keluar.
4.    Untuk memastikan gas sisa didalam sudah tidak ada dan dipastikan aman untuk melaksanakan pekerjaan, kami melapor ke safety dan reconform ke Bagian produksi yang berwenang.
5.    Pemasangan perlengkapan tank cleaning (pompa) untuk mengeluarkan sisa minyak dan sludge dalam tangki ke penampungan yang disediakan.
6.    Setelah keseluruhan sisa minyak dipompa, dilanjutkan pembersihan kotoran yang ada dalam tanki dengan sorokan dari kayu papan & alat penyemprot air (fasilitas milik utility PERTAMINA). Dinding bagian dalam tangki diusahakan terlepas dari Kotoran.
7.    Kotoran yang terkumpul dimasukkan kedalam sandbag dan dimuat secara manual atau bila perlu dengan forklift, dan diangkut dengan trailler ( milik PERTAMINA ) menuju tempat pembuangan yang telah ditentukan LKKK PERTAMINA.
8.    Setelah tanki bagian dalam bersih, aman dan dinyatakan gas free oleh Inpseksi PERTAMINA, maka pekerjaan-pekerjaan dibagian dalam tanki  dapat dilaksanakan.
9.    Untuk pekerjaan-pekerjaan di area/bagian luar tanki, tetap dilaksanakan gast test sebelum dilakukan pekerjaan.
10.     Sedangkan peralatan /equipment untuk penunjang pekerjaan cleaning sebagai berikut:
1)      Forklif kap. 5 Ton
2)      Trailer kap. 20 Ton
3)      Drum kap. 200 Ltr
4)      Plastik
5)      Ember
6)      Skop dari kayu
7)      Palet kap. 4 drum
11.     Setelah sludge tersebut dimasukkan ke dalam drum, kita naikkan di atas palet, masing-masing palet diisi 4 drum, dibawa ke penampungan, dan drum tersebut ditutup rapat agar sludge tersebut tidak terkena panas dan uapnya tidak keluar.
12.     Setelah drum-drum tersebut sudah banyak, langsung dinaikkan ke trailer dengan menggunakan forklif, langsung dibawa ke lay down atau ke tempat pembuangan.
13.     Mengingat volume sludge cukup banyak, kami akan bekerja 2 Shift dengan pembagian masing-masing shift bekerja selama 10 jam ( Shift Siang : 07:00 s/d. 18:00 dan Shift Malam : 19:00 s/d. 06:00 ).
14.     Apabila slude dan minyak di dalam tanki sudah habis, kita adakan internal cleaning, dan setelah bersih, bisa dilaksanakan pemeriksaan terhadap level indicator dan pipa heating coil, apabila ada kerusakan dilanjutkan perbaikan.
15.     Sebelum diadakan penutupan Manhole, terlebih dahulu dipastikan didalam tanki tersebut sudah bebas dari kotoran dan barang-barang / alat kerja, dll.
16.     Setelah pekerjaan inside selesai dilakukan, penutupan Manhole di bagian shell dan roof pada tanki, bisa dilanjutkan dengan external cleaning.

Setelah Manhole & Roff tertutup maka diadakan Visual Inspection, dilihat apakah ada bagian-bagian yang mengalami kebocoran atau tidak, selanjutnya pemantauan terhadap Gasket yang terdapat pada Nozzle-nozzle line Inlet & Outlet dan sehingga Tanki siap untuk di operasikan.






























A.                                                       


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar